untuk nambahkan menu di bawah judul

Sabtu, 16 Januari 2016

Tersedia di:  

https://drive.google.com/file/d/0B3ZA2RDWPgg6Q2M3U211eEhEMWM/view?usp=sharing

(Silahkan unduh)


PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI (TIK)
DALAM PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA SEKOLAH
(Materi Pelatihan disajikan oleh: Eko Suyanto)

  1. Laboratorium IPA di Sekolah dan Penerapan TIK: Penggunaan Weblog
Tujuan pelatihan 1: Setelah membaca dan mengikuti penjelasan serta diskusi tentang Laboratorium IPA dan penerapan TIK peserta pelatihan dapat menjelaskan secara verbal atau tulisan singkat bahwa laboratorium IPA di sekolah dapat  meningkatkan layanan dengan menyediakan dan memanfaatkan TIK misalnya menggunakan weblog.
Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau yang lebih dikenal dengan istilah asingnya sebagai information, communication, and technology (ICT), pada akhir-akhir ini penggunaannya merambah ke segala bidang kegiatan dan pekerjaan, bahkan sampai ke unit-unit terkecil di sekolah, misal Laboratorium IPA (lab.IPA).
Terapan TIK di dalam laboratorium IPA sekolah dapat dilakukan pada setiap bagian kegiatan lab IPA. Misal untuk penghubung ke masyarakat luas dapat menggunakan Weblog yang memuat informasi keberadaan(eksistensi) lab IPA itu sendiri. Informasi yang yang selalu diupdate atau yang tetap seperti: Standar Operasional Prosedur (SOP) Laboratorium, Fungsi dan Tugas Pengelola Laboratorium IPA, Tata Tertib Laboratorium, Mekanisme Pelaksanaan Praktikum Prosedur pelaksanaan praktikum, Mekanisme Peminjaman Alat dan lainnya merupan objek informasi dalam weblog lab.IPA. Bahkan dalam webblog dapat disediakan virtual laboratorium baik yang berbasis simulation  maupun yang berbasis live. Pembuatan weblog cara yang paling mudah adalah Blogger dan Wordpress. 
 
Gambar 1. Fitur aplikasi sosial Google di antaranya Blogger.
Tugas Individu:
Siapkan satu Weblog menggunakan Blogger untuk Lab.IPA-nya masing-masing!, menggunakan akun gmail kredibel.
Jika belum memiliki lamat email dari Google, awali dengan memebuat “gmail”. Ikuti panduan langsung dari nara sumber!

  1. Laboratorium IPA di Sekolah dan Penerapan TIK: Penggunaan Aplikasi dari Google
Tujuan pelatihan 2: Setelah membaca dan mengikuti penjelasan serta diskusi tentang penggunaan Aplikasi Google peserta pelatihan dapat mempraktekkan berbagai (share) dokumendan penyimpanan dokumen berkaitan dengan tugas pengelolaan lab misal: Tata tertib, jadwal, kartu barang, buku stok dan lainnya.

Saat ini untuk mempunyai satu akun untuk alamat email mudah memperolehnya bahkan dengan satu akun email tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang terkait dengan berbagi data. Akun email biasanya dikaitkan dengan nomor mobile (nomor handphone/no,hp). Untuk kondisi saat ini karena kondisi jejaring sosial yang semakin semrawut maka no.hp yang tidak kredibel sedikit demi sedikit akan dimatikan atau mati dengan sendirinya. Regristrasi no.hp saat ini menuntut menggunakan data asli, sebagai langkah awal lagi untuk dapat bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan semua aktivitas terkait jejaring sosial (sosial media). Sehingga bahkan untuk keperluan suatu organisasi maka alamat emailnya haruslah alamat email yang kredibel, tentu menggunakan nomor mobile dari salah seoarang pengelola yang terpercaya. Jika anda sudah memiliki gmail kredibel melalui Google Drive anda dapat mengakses data anda dimanapun, kapanpun, dan dari komputer hingga androit siapapun.
Tugas Individu ke-2:
Kelolalah penyimpanan data pengelolaan lab.IPA anda menggunakan Google Drive, untuk menggunakannya masuk dengan akun gmail yang kredibel!

Contoh kasus penerapan TIK di dalam pengelolaan lab.IPA:
Pengelola lab.IPA dituntut menyediakan Kartu Alat/Bahan, misalnya dengan format:

KARTU ALAT/BAHAN
Tahun Ajaran        :
Semester            :
Pertanggal            :            (persemester dua termin)
Petugas entry data    :
Nomor Rekaman        :
Nama Barang        :
Kode    Jenis        :        (isi dengan angka 1 jikaAlat, dengan angka 2 jika Bahan)
Jumlah yang berkondisi baik            :
Jumlah yang rusak perlu perbaikan    :
Jumlah rusak (dapat dimusnahkan)    :
Jumlah siap pakai                    :
Jumlah tersedia diruang penyimpanan    :         (termasuk yang rusak)
    Alamat penyimpanan 1            :
    Alamat penyimpanan 2            :
    Alamat penyimpanan 3            :
Jumlah bersirkulasi                    :

Kartu tersebut, tidak harus tersedia setiap saat, tetapi kapanpun dan dari manapun “dapat diambil”. Selanjutnya dalam setiap semester harus tersedia satu laporan dalam bentuk dua termin, untuk keperluan evaluasi Alat dan Bahan, dan data akriditasi sekolah. Akankah dikerjakan manual?
Silahkan lontarkan ide atau pertanyaan!
Mari selesaikan di inservis training ini dan pada onservis training di sekolah-masing-masing!
Selanjutnya untuk pekerjaan administrasi dan pengelolaan lab.IPA lainnya dapat menganalogi dari hasil penyelesaian kasus ini.

Tugas Kelompok ke-1 (maksimum anggota 5 orang):
Buatlah penyelesaian kasus di atas, dianjurkan dengan aplikasi yang simple saja: MsWord, MsExcel dan Google Drive! Sehingga terbuti suatu kartu dapat diambil kapanpun, dari manapun, dan menggunakan komputer siapapun!
Ikuti panduan langsung dari nara sumber!

  1. Laboratorium IPA di Sekolah dan Penerapan TIK: Laboratorium Virtual
Tujuan pelatihan 3: Setelah membaca dan mengikuti penjelasan serta diskusi tentang laboratorium virtual berbasis simulation dan berbasis live, peserta pelatihan dapat mempraktekkan minimal dua aplikasi untuk diinstal dan pemanfaatan dalam webblog Lab.IPA untuk menunjang pembelajaran di Laboratoium.

Bagaimanakah agar lab.IPA memiliki Laboratorium virtual yang dapat diakses oleh siswa kapanpun dan dari manapun?
Cara mudah adalah menggunakan virtual laboratorium yang tersedia dan bebas pakai, misalnya dapat disematkan dalam suatu weblog.
Gambar 2. Contoh Weblog yang memiliki menu Laboratorium Virtual.
Pada Gambar 2 tersedia 2 laboratorium virtual Phet dan Yenka.
Terlihat pada contoh Gambar 2, dengan memanfaatkan Weblog kita dapat menyematkan menu yang menyediakan virtual laboratoium.
Tugas Kelompok ke-2:
Gunakan Weblog hasil tugas individu ke-1, untuk membuat menu yang menyediakan laboratorium virtual!
Ikuti secara langsung panduan dari nara sumber!


PENUTUP
Laporkan/setorkan kepada nara sumber dan panitia semua tugas (invidu dan kelompok):
  1. Laporan tertulis hasil tugas kelompok ke-1, dan tersimpan di Google Drive (lamat dokumen share)
  2. Contoh hasil print-out dari nomor 1
  3. Laporan hasil tugas kelompok ke-2, print-out berupa rangkaian print screen hasil akses.
  4. Laporan tugas individu, print-out rangkaian print sceen tampilan menu utama dan hasil eksekusi beberapa menu.

UNDUH MATERI